Kamis, 16 November 2017

Cara Flashing Sony Xperia E3 Dual D2212 Bootloop

Sony Xperia E3 Dual D2212 kalian mengalami bootloop atau stuck dilogo Sony/Xperia saja, ini biasa terjadi karna memory iternal penuh, mencoba ganti custom karnel yang tidak cocok, gagal instal custom recovery dll yang menyangkut system. Kalau sudah bootloop kita hanya bisa memperbaiki dengan cara flash ulang jika belum terpasang custom recovery harus melakukan flashing. Namun jangan khawatir disini saya akan share Cara Mengatasi Sony Xperia E3 Dual D2212 Mengalami Bootloop. Baiklah mari kita simak tutorialnya dibawah ini:
Download bahan-bahannya dibawah ini terlebih dahulu:
Sebelum melakukan flashing Sony Xperia E3 Dual usahakan baterai terisi 80% untuk menghindari kegagalan proses flashing.
  • Sekarang extract lalu instal flashtool dan driver USB Sony Xperia 
  • Selanjutnya instal driver flashingnya dengan cara pergi ke folder Drive C:Flashtool/Driver kemudian pilih Flashtool-driver.exe.
  • Selanjutnya cheklist Flashmode driver dan Fastboot driver kemudian pilih instal.
  • Jika driver sudah berhasil terinstal sekarang menuju ketahap flashing. Copy paste firmware Xperia E3 Dual yang berextensi ftf kefolder C/:Flashtool/firmwares.
  • Sekarang open FlashTool.exe difolder C/:Flashtool, jika sudah terbuka pilih ikon tanda petir akan muncul popup window seperti gambar dibawah ini lalu pilih Flashmode Ok.
  • Langkah selanjutnya pilih firmware Xperia , cheklist Wipe CACHE dan DATA kemudian klik Flash.
  • Dan tunggu beberapa saat sekitar 5 menit akan muncul popup window notifikasi buat hubungkan Xperia E3 kalian ke komputer, seperti gambar dibawah ini.
  • Sekarang matikan HP Sony Xperia E3 Dual kalian, dengan cara buka casing belakan dan liat akan ada lubang kecil disebelah slot sdcard kemudian tusuk menggunakan  kawat kecil atau jarum yang tumpul maka otomatis Xperia kalian akan mati.
  • Jika sudah hubungkan Xperia  E3 Dual ke komputer/laptop sambil tekan tombol Volume Down maka akan otomatis menuju proses flashing.
  • Jika Proses flashing sudah selesai akan di tandai dengan tulisan Flashing finished.
  • Sekarang lepas HP Xperia E3 Dual kalian dari komputer/laptop,kemudian nyalakan dan selamat sekarang Xperia E3 Dual kalian kembali normal seperti semula. 

12 komentar:

  1. file rusak gan gak bisa di extrak

    BalasHapus
  2. bedanya apa sama yg RU

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau RU itu firmware untuk Sony Xperia yang di pasarkan di Rusia

      Hapus
  3. Terimakasih buat tutorialnya sangat membantu. Yg mau saya tanyakan flashing berhasil dan sudah kembali normal. Setelah 1 minggu kalau matikan hp kemudian menyalakan kembali rusak lagi. Restart terus lagi. Kira2 apa masalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dicek baterai..??klu masih sama brarti ic emmc udh lemah

      Hapus
  4. Bang drivernya ko ngga berhasil terinstal yah?

    BalasHapus
  5. Gan ko usb drivernya tidak terinstal?

    BalasHapus