Tutorial Flashing Android Upgrade Downgrade Firmware Unbrick

Cara Flash Andromax R I46D1G Via PC (QFIL)

Tutorial yang akan saya share kali ini adalah tentang Cara Flash Smartfren Andromax R I46D1G Via PC. Untuk tutorial itu sendiri sama seperti Flash Andromax E2 Plus baik di QFIL nya maupun cara ke mode Qualcomm HS-USB QDloader 9008 yang beda cuman firmwarenya. Buat Andromax R kalian yang mengalami bootloop, hang logo, hardbrick atau softbrick, gagal custom rom root dan sudah coba lakukan Flash Ulang Andromax R Via Sdcard (TFupdate) tidak bisa atau selalu gagal bisa coba cara dibawah. Firmware yang akan saya share disini tested buat kalian yang mengalami gagal root instal TWRP Broken permanen ''Phone has been permanently broken due to manipulation of the software security'' atau ingin melakukan penggantian IC EMMC. setelah flash firmware userdebug lanjut TFupdate setelah itu flash menggunakan firmware yang akan saya share dibawah ini, karena saya coba flash userdebug lanjut Tfupdate malah hasilnya bootloop. Saya rasa cukup untuk ulasannya mari kita menuju tutorialnya.
File file yang diperlukan :
  1. Qualcomm Diag QD Loader driver dan ADB Driver PDAnet
  2. Download QPST 2.7.460 (kalau di install otomatis akan ada Qfil)
  3. Firmware Andromax R (I46D1G) Lollipop 5.0.2 L1074L.6.03.00.ID11
Tutorialnya:
  • Install driver Qualcomm dan install juga QPST nya.
  • Extract firmware Andromax R menggunakan winrar atau 7z.
  • Sekarang hubungkan Andromax R ke PC menggunakan kabel USB modifikasi atau Kabel DFC atau Kabel EDL untuk cara buatnya bisa cari di youtube. sedangkan untuk menghubungkan Andromax R ke PC menggunakan kabel USB DFC atau EDL kalian bisa liat tutorialnya disini atau bisa juga dengan metode Test Point bisa lihat video tutorial Test Point disini, dan tunggu hingga Andromax R terdeteksi, Jika sudah coba cek di Device Manager dengan cara Star>Computer klik kanan >Manage>Device Manager, seharusnya akan terdeteksi Qualcomm HS-USB QDloader 9008 seperti gambar dibawah ini
  • Sekarang open QFIL pilih Flat Build. Browse.... file ''prog_emmc_firehose_8916" didalam folder firmware yang tadi kalian extract klik open.
  • Load XML.... "rawprogram0" klik open.
  • Kemudian otomatis akan muncul window lalu pilih "patch0".
  • Sekarang klik Download dan tunggu proses flashing sedang berjalan seperti gambar dibawah ini.
  • Jika proses flashing berhasil di tandai dengan Download succeed dan Finish Download.
  • Sekarang lepas Andromax R kalian dari PC lepas baterai, kalau sudah pasang baterai lalu hidupkan tunggu booting pertama biasanya memakan waktu 10 sampai 20 menitan.
  • Apabila muncul Encryption unsuccessful silahkan masuk ke menu recovery lanjut Wipe data/Factory Reset saja, lalu reboot system dan tunggu saja beberapa menit untuk masuk kemenu setup bahasa dan lain-lain.
  • Tutorial diatas sudah tested work 100% work. Silahkan dicoba dan jangan lupa baca tutorial dengan teliti selamat mencoba semoga berhasil.