Tutorial Flashing Android Upgrade Downgrade Firmware Unbrick

Tutorial Flash Unbrick Asus Zenfone Go X014D (ZB452KG) Work 100%

Alhamdzulillah akhirnya sempat juga saya buat posting tentang Cara Unbrick Asus Zenfone Go X014D (ZB452KG) yang mengalami hardbrick atau mati total. Cara yang saya share ini diperuntukan buat Asus Zenfone Go X014D (ZB452KG) yang mati total tidak bisa masuk recovery dan tidak bisa masuk kemenu fastboot. Jadi kalau sekedar softbrick biasa dan masih bisa masuk mode Recovery atau Fastboot, saya sarankan buat flashing biasa via Recovery menggunakan SD card atau ADB. Karena cara ini akan mengakibatkan IMEI Asus Zenfone kalian Null atau IMEI tidak valid tapi walaupun IMEI null tapi masih bisa buat telpon sms internet. Cara unbrik ini sudah tested 100% berhasil. Oh ya flashing kali ini bisa juga buat fix IMEI null jaringan tidak ada dan SIM tidak terbaca. dan Ketika akan di write IMEI QCN selalu gagal atau fail "error: could not read modem version, please try to erase NV(modemst1, modemst2, fsg) at first !" maka flash dulu dengan Firmware userdebug dibawah, untuk tutorialnya silahkan simak postingan saya berikut ini.
Untuk file-file yang harus kalian download adalah:
  • Download Qualcomm HS-USB Driver 32bit 64bit dan Qualcomm Diag QD Loader driver disini. (jika sudah punya dan terinstal driver Qualcomm skip saja)
  • Download Miflash 2015.10.28.0 disini.
  • Download Firmware Asus Zenfone Go 4.5_ZB452KG_12.3.1.1.PCBA10 disini.
Apabila file-file diatas sudah kalian download mari kita menuju ke tahap berikutnya.
  • Install Driver Qualcomm terlebih dahulu.
  • Install Miflash yang sudah kalian download diatas.
  • Extract firmware Asus Zenfone Go 4.5_ZB452KG_12.3.1.1.PCBA10.
  • Sekarang cabut baterai Asus Zenfone Go dan pasang kembali kemudian Tekan tombol Volume Atas + Volume Bawah secara bersaman sambil hubungkan Asus Zenfone Go kalian ke komputer akan terdeteksi Qualcomm HS-USB QDloader 9008 (COMxx) lepas tombol volume atas dan volume bawah. Apabila masih belum terdeteksi silahkan gunakan kabel USB EDL atau DFC
  • Untuk melihat sudah terdeteksi apa belum Asus Zenfon Go kita, Sekarang buka Device Manager dengan cara klik Star > Computer > klik kanan > Manage > Device Manager akan terdeteksi Qualcomm HS-USB QDloader 9008 (COMxx) kurang lebih seperti gambar dibawah ini jika belum silahkan ulangi lagi dan cek tombol volume apa masih berfungsi dengan baik:
  • Jalankan MiFlash 20151028 jika sudah terbuka,lanjut pilih "Browser" firmware Asus Zenfone Go X014D kamu yang sudah didownload dan diextract. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :
  • Jika sudah pilih "refresh" sudah kedetek COMxx. Tandai pada "Flash all" Sekarang klik Flash, Tunggu proses flashing sedang berlangsung kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
  • Jika selesai dan sukses ditandai bar warna hijau bertuliskan "The operation completed succsessfully"
Sekarang lepas kabel USB dari Asus Zenfone Go kalin kemudian lepas baterai dan masukan baterai kembali lalu hidupkan dan tunggu prosses booting pertama memang memerlukan waktu 15 sampai 30 menit mohon bersabar dan taraaa Asus Zenfone Go kalian hidup kembali. Untuk mengembalikan ke Firmware Official atau Stock ROM silahkan ikuti tutorial nya disini Cara Flash Asus Zenfone GO X014D (ZB452KG) Tested

"Apabila setelah Flash Stuck di logo Pinguin atau LCD blank screen silahkan coba Flash dengan tutorial berikut Cara Flash Asus Zenfone GO X014D (ZB452KG) Tested apabila masih sama Flash pake firmware ini X014D_WW_ZB452KG_12.2.5.5_20160517_MR1.1